Survei Capres 2024 Dialog Tawar Menawar Kandidat-Parpol

  • Share

Negosiasi adalah dialog antara dua orang atau lebih yang dimaksudkan untuk mencapai pemahaman dan menyelesaikan perbedaan untuk menghasilkan kesepakatan tentang tindakan. Dengan demikian, negosiasi adalah proses tawar-menawar mengarah pada kesepakatan atau kompromi.

Jakarta – Kontestasi Pemilihan Presiden 2024 yang akan datang rencana pelaksanaannya pada bulan November, tiga tahun lebih dari sekarang. Kandidat yang akan diusung mulai diapungkan untuk disiapkan.

Hal ini tergambar jelas dari kegiatan survei yang dilakukan oleh banyak lembaga survei. Kegiatan survei sudah dilakukan jauh hari, mulai Januari 2020 sudah ada lembaga yang melakukannya. Survei dilakukan dengan mengambil sampel di 34 propinsi di Indonesia.

Rilis survei, Selasa (8/6/ 2021) yang dijadikan pembahasan dalam tulisan ini berasal dari rilis hasil survei 2020 dan 2021, yakni dari lembaga survei Indobarometer, Charta Politica, Populi Centre, SMRC, LSI, dan Indikator Politik Indonesia.

Berita terkait:

Berdasarkan hasil rilis survei dari enam lembaga di atas yang dimuat di berbagai media massa, disimpulkan bahwa lima nama atau tokoh mendominasi puncak survei, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil. Namun, berbeda dengan survei-survei yang digelar menjelang Pilpres 2014 dan 2019, saat ini belum ada nama yang meraih dukungan suara responden secara dominan atau mutlak seperti Jokowi.

Mencermati hasil survei di atas, kita mesti bijak karena realitasnya dalam praktik politik di Indonesia, partai politik memiliki kewenangan besar dalam menentukan siapa jagonya yang akan maju dalam pilpres.

  • Share