Drama Copa America, Hingga Timnas Brasil Pilih Boikot!

  • Share

Metro, Olah Raga– Pemain senior dari skuad timnas Brasil memimpin gerakan untuk memboikot yang bertujuan menunda atau membatalkan Copa América 2021.

Mereka juga telah membuka pembicaraan dengan tim lain yang berpartisipasi di turnamen untuk melakukan boikot kompetisi CONEMBOL itu terkait situasi virus corona di Amerika Selatan yang tak menentu.

Turnamen ini awalnya akan diselenggarakan bersama oleh Kolombia dan Argentina pada tahun 2020 tetapi ditunda karena pandemi sejalan dengan keputusan UEFA untuk menunda Euro 2020 selama satu tahun.

Berita terkait: Semua Sayang, ‘N’Golo Kante’ Seorang Sifatnya Rendah Hati

Kolombia mengundurkan diri sebagai negara tuan rumah karena protes yang sedang berlangsung di negara itu terhadap Presiden Ivan Duque sementara Argentina juga undur diri sebagai tuan rumah pekan lalu karena situasi covid-19 yang memburuk di negara itu.

Dilansir AS, Pemain termasuk Sergio Agüero, Luis Suárez, Fernando Muslera dan Giorgian de Arrascaeta telah berbicara menentang pementasan turnamen dalam situasi dan sekarang skuad Brasil berencana untuk mengikuti setelah keputusan untuk memindahkan kompetisi ke negara asal mereka, salah satunya negara-negara yang paling parah di dunia dalam hal kasus dan kematian covid-19.

Skuad Brasil mengetahui tawaran Brasil untuk menjadi tuan rumah turnamen saat berada di markas pelatihan di Granja Comary dan reaksi mereka adalah kemarahan dan ketidakpercayaan.

Para pemain merasa dijebloskan dalam posisi yang dilematis di mana mereka akan dianggap tidak peka terhadap penderitaan masyarakat lain dan dipaksa untuk memainkan turnamen yang mereka anggap tidak perlu.
Skuad Brasil telah menyatakan kemarahannya kepada pelatih tim nasional Tite dan meminta pertemuan dengan Caboclo. Pertemuan puncak dengan presiden CBF berlangsung tegang dan memperburuk situasi, dengan Caboclo mengancam akan memecat Juninho Paulista, koordinator tim, karena gagal mengendalikan situasi.

Baca juga: Viral! Pelaku Pelecehan Seksual Diringkus Warga

Namun, Tite dan Juninho telah menunjukkan empati kepada para pemain sejak awal dan secara luas mendukung sikap ruang ganti. Ketegangan antara CBF, skuad Brasil dan staf bukanlah hal baru sementara Tite, yang dikenal karena pendekatan pribadinya dengan para pemain dan kepribadiannya yang tenang, telah berusaha untuk melindungi timnya dari murka CBF sejak Selasa.

Federasi di lain sisi melihat kesempatan untuk menjadi tuan rumah Copa sebagai kemenangan politik potensial setelah negaranya gagal menangani pandemi Covid-19.Tite mencegah kapten Brasil Casemiro tampil di depan pers pada hari Kamis menjelang kualifikasi Piala Dunia melawan Ekuador, yang membuat marah gelandang Real Madrid yang bermaksud untuk menyampaikan keluhan timnya di depan wartawan.

Tite, yang khawatir tentang efek kejatuhan Copa América terhadap penampilan timnya di kualifikasi, memilih untuk berbicara kepada pers sendiri saja.

“Para pemain memiliki pendapat mereka; mereka telah mengungkapkannya kepada presiden [Caboclo] dan mereka akan mengumumkannya pada waktu yang tepat. Dan itulah alasan utama kapten kami, Casemiro, tidak ada di sini di depan Anda,” kata Tite kepada wartawan.

Brasil akan bermain melawan Ekuador pada Jumat dan Paraguay Selasa depan di kualifikasi zona Amerika Selatan untuk Piala Dunia 2022. Sumber Bolalob (***)

  • Share