Ops Yustiti Cegah Penyebaran Covid – 19

Metro Luwuk – Guna mencegah penyebaran covid-19, TNI/Polridan Satpol PP jajarannya bersama instansi terkait secara rutin melaksanakan operasi yustisi 16 Februari 2021, jalan Trans Sulawesi, Desa Sambiut, Kecamatan Totikum, Kabupaten Banggai Kepulauan.
Operasi yustisi dilaksanakan guna menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan juga melakukan penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan (prokes).
Babinsa/Danpos Totikum Koramil 1308-10/Salakan Serma J. Ferry juga menyampaikan bahwa Sinergitas TNI-Polri bersama Pemerintah Kecamatan dalam kegiatan ini akan terus digalakan, kita terus mensosialisasikan serta menggalakkan upaya penggulangan penerapan disiplin dan penegakan hukum Covid-19 di wilayah Hukum Polsek Totikum, guna memutus mata rantai virus corona ini.
Plh. Kapolsek Totikum Ipda Dicky RA Laempah, SH mengatakan pelaksanaan kegiatan tersebut, oleh petugas dilapangan memberikan pemahaman kepada masyarakat pengguna berlalulintas agar selalu menerapkan Prokes sesuai Perbup  Bangkep No. 23 Tahun 2020 dengan melalui edukasi 3M yakni selalu mencuci tangan pakai sabun, memakai masker kamanpun bepergian dan selalu menjaga jarak.
Ditemukan kegiatan Ops Yustisi/Operasi Penegakan Pendisiplinan Kesehatan (OPPK), oleh TNI-Polri dan Satpol PP melalui Pos Totikum Koramil 1308-10/Salakan, Polsek Totikum dan anggota Satpol PP Kec. Totikum. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Penegakan dan Pendisiplinan Penggunaan Masker bagi Para pengguna transportasi jalan yang mengunakan Kendaraan Bermotor (Ranmor), baik Roda 2 (motor) dan roda 4 (mobil).
1.  Hasil Ops Yustisi/OPPK :
a.  Pengguna roda 2 (motor) = 11 orang, antara lain :
1)  Laki-Laki      : 10 orang
2)  Perempuan :    1 orang
b.  Pengguna roda 4 (empat) =  1 orang (Laki-Laki)
Para pelanggar prokes diberikan sanksi mengucapkan Pancasila, bagi yang tidak tahu/lupa mengucapkan Pancasila, oleh petugas dilapangan memberikan pembekalan agar para pelanggar dapat menghafal/menguasai Pancasila, dan juga diberikan sanksi mencabut rumput di halaman depan Kantor Polsek Totikum.
Ops Yustisi ini bukan saja dilaksanakan bagi penguna berlalu lintas di jalan raya, akan tetapi kami pihak Kepolisian juga melaksanakan Ops Yustisi pada tempat fasilitas umum atau tempat keramaian. Kita lakukan kegiatan ini tidak mengenal waktu, dan oni dilakukan secara acak tanpa jadwal dari kami, baik itu dilaksanakan pada pagi hari, siang hari atau malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Persatuan Bentor Montulutusan Bangkep Gelar Aksi Damai

Next Story

Dandim 1308/LB Jalani Vaksinisasi Covid-19 Tahap II Bersama Forkopimda Banggai